BPP Lampung Menyediakan Mesin Untuk Petani

Thursday, November 13th, 2014 - Kisah Sukses

BPP Lampung Menyediakan Mesin Untuk Petani

Balai Pelatihan Pertanian (BPP) merupakan unit pelaksana teknis di bidang pelatihan pertanian yang berada di bawah Kementerian Pertanian Indonesia. BPP memiliki beberapa program, salah satunya adalah pengadaan pelayanan pelatihan teknis, fungsional, dan kewirausahaan di bidang pertanian bagi aparatur dan non aparatur pertanian.

cropped-temp1Demi tercapainya program tersebut, BPP Bandar Lampung yang terletak di Natar, Lampung Selatan ini membeli seperangkat alat di Toko Mesin Maksindo. Mesin tersebut adalah Mesin Hard Ice Cream Tipe BQ 105, Mesin Oven Roti Elektrik ARF 20 H, Mesin Mixer Roti Tipe B10, Mesin Cetak Mie Tipe MKS 200B, Mesin Burr Mill FDM 100, dan Mesin Cup Sealer M 868 sebanyak dua buah yang didapat dari cabang Lenteng Agung, Jakarta.Mesin-mesin tersebut dibeli untuk memfasilitasi dan melatih para UKM agar hasil pertanian mereka bisa memiliki nilai jual.

4Mereka yang mengikuti pelatihan ini adalah para petani, kelompok tani, dan penyuluh yang tersebar dalam empat wilayah, yaitu Provinsi Lampung, Bengkulu, Palembang, dan Bangka Belitung. “Pelatihan diadakan dalam setiap bulan dan biasanya sampai sepuluh hari,” ujar Johan Wahyudi, selaku Staff Pengadaan Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Provinsi Bandar Lampung.

Dalam setiap pelatihan, terdapat 3-4 kelompok yang terdiri dari beberapa kabupaten di setiap satu provinsi. Mereka yang datang dilatih bagaimana mengolah hasil pertanian, misalnya singkong—terlebih lagi Provinsi Bandar Lampung menjadi penghasil singkong terbesar di Indonesia. Tak hanya singkong, mereka juga akan dilatih bagaimana membuat roti, kue, dan mengolah hasil pertanian jagung, tebu, dan kedelai.

001“Kita memang memiliki program pelatihan yang sudah disusun. Tapi kalau ada kelompok tani yang meminta pelatihan lain, kami akan ikuti dan menyediakan fasilitas apa saja yang mendukung,” ungkap Johan. Dengan adanya mesin ini, diharapkan para petani, kelompok tani, dan penyuluh bisa lebih produktif dalam mengelola hasil pertanian dan membawa nama Provinsi Bandar Lampung hingga ke skala internasional dalam hal pengolahan umbi-umbian.(Tri Deny Tr)

BPP Lampung Menyediakan Mesin Untuk Petani | redaksimesin | 4.5