Jantung Pisang Jadi Abon Bisnis Menggiurkan

Friday, November 28th, 2014 - Kisah Sukses

Jantung Pisang Jadi Abon Bisnis 2Menggiurkan

Ternyata Jantung Pisang bisa bermanfaat dan menghasilkan laba ini dibuktikan oleh beberapa Mahasiswa dari Universitas Trilogi Jurusan Manajemen mereka adalah Hanipah Hidayah, Deriska, Tresna Annisa, Yayat Nurhidayat dan Adhitiya Wahyu Wardani. Awal dari ide ketika mereka mengikuti Lomba Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Kopertis Tingkat wilayah III Jakarta. Keharusan mencari produk yang masih bergenre “blue ocean” membuat kelima mahasiswa semester 7 ini tergelitik untuk mencoba mengolah jantung pisang yang banyak ditemui di daerah dengan menggunakan resep dari hasil pelatihan ibu PKK dari ibunda Deriska. Ternyata ujicoba memanfaatkan komoditas pisang yang masih banyak ditemui didaerah Nagrek Jawa Barat.

3Namun tidak semua jenis jantung pisang dapat diolah menjadi abon hanya jenis varian tertentu saja seperti Jantung Pisang Kepok, Siam, Batu dan Medan karena ada beberapa jenis jantung pisang yang ketika diolah terasa pahit dilidah. Sejak Agustus 2014 mereka memulai produksi sebanyak 30 buah Jantung Pisang Siam, Batu dan Kepok diolah menjadi abon.

Abon hasil olahan mereka mempunyai tiga varian rasa kaldu ayam, rasa pedas dan rasa jeruk, produksi Abon jantung pisang mereka beri nama BON-JV dan dijual dengan harga Rp 8 ribu hingga Rp 15 ribu. “Kita harus selektif dan konsisten akan rasa sebab bahan baku jantung pisang yang kami jadikan abon ini adalah produk baru belum familiar.

Kami harus mempersiapkan diri menghadapi persaingan pasar yang memproduksi abon daging. Karena itu banyak sekali tantangan yang harus dihadapi dalam memasarkan produk abon jantung pisang ini. Walaupun besar tantangan tersebut kami berlima tidak pantang menyerah akan terus inovatif, produktif dan aktif memperkenalkan produk abon jantung pisang ini,” jelas Tresna Annisa.

Untuk proses produksi terutama untuk proses penggorengan produk jantung pisang BON-JV menggunakan Mesin Spinner Agrowindo ukuran 1,5 kilo dari Toko Mesin Maksindo.(Eni Setiati/Tri Deny Tr)

Jantung Pisang Jadi Abon Bisnis Menggiurkan | redaksimesin | 4.5