Pempek Panggang Alim Laris Manis

Wednesday, October 29th, 2014 - Kisah Sukses

Jeli Tangkap Peluang

Pempek Panggang Alim Laris Manis

Kota Palembang memang sedang bergairah dalam dunia usaha. Gairah ini secara tak langsung turut mendorong banyak pelaku usaha kecil menengah beramai-ramai membuka usaha. Salah satunya adalah Fahrul Rozi  dan Alimah (istri). Mereka dengan jeli melihat celah peluang usaha yang ada disekitarnya. Dengan berbekal semangat tinggi kedua pasangan ini saling bahu membahu dalam menjalankan usaha.

IMG_20141029_114411Siapa sangka berbekal ide jitu, Fahrul berhasil menarik minat anak-anak sekolah disekitar tempat usahanya untuk mencicipi menu pempek baru yang dia jual. Palembang memang sangat terkenal dengan sajian khas pempek-pempeknya. Belakangan ini masyarakat kota Palembang lagi gemar mencoba menu pempek baru, yaitu PEMPEK PANGGANG.

Melihat hal itu, Fahrul segera tanggap dan langsung menambah satu jenis jajanan makanannya yaitu menjual Pempek Panggang yang diberi label “Pempek Panggang Alimah”.

Ternyata ide jitunya sukses. Naluri bisnisnya tepat! Benar saja, pada saat pertama membuka usaha Pempek Panggang langung ludes. “Kami waktu itu produksi hingga 500 butir pempek, langsung habis diserbu pembeli dari anak-anak sekolah sekitar sini. Awalnya kami hanya jualan gorengan dan es dogan atau es kelapa. Tapi kok banyak yang sering menanyakan pempek. Kebetulan di Palembang lagi booming. Melihat ada peluang yang masih kosong, ya saya langsung saja mencari mesin pemanggang pempek,” jelas Fahrul yang membeli Mesin BBQ ET-K222 dari Toko Mesin Maksindo cabang Palembang.

Meski ia harus meronggoh kocek sekitar Rp 1,2 juta untuk membeli mesin BBQ tetapi puas karena tidak sia-sia menggunakan mesin tersebut. Alasan lain yang mendorong Fahrul membeli mesin BBQ, karena kalau produksi Pempek Panggang menggunakan arang, maka abu arangnya itu akan menyebar ke mana-mana. Karena abu itu dapat menganggu istrinya yang berjualan gorengan. Untuk praktisnya, Fahrul memilih gunakan mesin BBQ. Terbukti setelah gunakan mesin BBQ ini dalam sehari dapat memproduksi hingga 400 butir Pempek Panggang. Selain memudahkan produksi, hasil yang diperoleh dari mesin ini pun sangat terasa menguntungkannya.mesin-bbq-panggangan-stainless-maksindo-plat-300x300

Tengok saja, dalam sehari Fahrul bisa memproduksi 3 hingga 5  kilo pempek. Jika dalam sehari ia memproduksi 3 kilo, hasil yang didapat sekitar 400 butir pempek. Harga per butir pempek panggangnya sangat murah, yaitu Rp 1.000 sangat menjangkau untuk ukuran jajan anak sekolah.

8534857691_ff005aea50Yang membantu pembuatan adonan Pempek Panggang produksinya adalah ibu kandungnya sendiri, Surini. Adonan pempeknya menggunakan ikan Kakap Merah atau ikan Parang-parang. Omzet yang diperoleh dari jajanan Pempek Panggang ini saja sehari bisa meraup Rp 400 ribu, itu belum termasuk pemasukan dari jajanan Es Dogan dan Gorengan.

Meski ada pesaing dalam usaha Pempek Panggang, Fahrul tak gentar. Ia yakin bahwa rezeki tak akan tertukar. Karena itu, ia dan istri tetap optimis dengan usaha kecil-kecilan yang dia gelar di area Kantin sekolah tersebut.(Eni Setiati)

Selalu ada jalan, jika Anda tetap optimis maka bisnis yang Anda lakukan akan berhasil.

 

      

Pempek Panggang Alim Laris Manis | redaksimesin | 4.5