Prospek Ternak Ayam Serama Sangat Menjanjikan

Wednesday, October 1st, 2014 - Kisah Sukses

Soeharsono Pengusaha Ternak Ayam dari Depok, Jawa Barat, Keinginan berbisnis Soeharsono muncul di usianya 70 tahun. Soeharsono pun mengikuti jejak ayahnya. Namun, ia kini meniti usaha ayam serama Malaysia. Soeharsono sejak pension di tahun 1998 membuat Soeharsono memutar otak agar ia bisa tetap mendapat uang dari hobinya gemar akan binatang. Terlebih lagi istrinya, Tjikasana, pensiun sejak 2009 silam.

Kebetulan ketika itu ia memiliki beberapa ekor ayam serama jenis ayam yang diklaim sebagai ayam terkecil. Sekitar tahun 2013 ia memutuskan untuk membeli Mesin Penetas Telur Maksindo tipe EM-30 di Toko Mesin Maksindo yang mempunyai kapasitas 42 butir.

 

Mesin Penetas Telur Tidak Otomatis

Kapasitas 30 telur (Tipe EM-30)

mesin-penetas-telur-30

  • Kapasitas: maks 42 butir telur ayam (posisi berdiri)
  • Ukuran: 30x30x32 cm
  • Daya listrik: 10 Watt 220 Volt
  • Bahan multipleks dan MDF (Medium Density Fiberboard)

Untuk harga silakan hubungi Machinery Consultant Toko Mesin Maksindo atau (www.tokomesin.com).

 

Ketika itu, ia hanya memiliki 8 ekor yang terdiri dari lima ekor ayam betina dan  tiga ekor ayam lagi jantan. Berkat Mesin tersebut kin ia sudah memiliki 60 ekor anak ayam.

Kelima ayam serama tersebut bertelur per harinya satu butir. Jika semua berhasil, Soeharsono bisa mendapatkan 150 telur dalam setiap bulannya.  “Sejauh ini mesin penetas telur dari Toko Mesin Maksindo cukup bagus, meski terdapat beberapa kendala,” Ungkap Seoharsono.

“Meski harga ayamnya sangat mahal, saya enggak bisa untuk promosi ke orang-orang. Masalah transportasi juga saya tidak punya,” tambahnya.

Untuk anak ayam serama, Soeharsono menjual Rp 50 ribu per ekor, sedangkan untuk yang besar ia jual dengan harga Rp 140 ribu.

Menjual dengan harga tersebut membuat Soeharsono mendapat keuntungan hingga Rp 2 juta dalam setiap bulannya. Total pengeluaran yang harus ia keluarkan pun tak banyak. Dalam sebulannya, cukup “Saya berharap, ke depannya bisa lebih mengenalkan ayam serama ke masyarakat dan penjualannya pun bisa terus naik untuk bekal masa tua,” sahutnya.

 

(Tri Deny Tr)

Prospek Ternak Ayam Serama Sangat Menjanjikan | redaksimesin | 4.5