Mantau Nyonya, Sukses Kreasikan Kudapan Khas Samarinda

Wednesday, June 24th, 2015 - Kisah Sukses

Mantau Nyonya, Sukses Kreasikan Kudapan Khas Samarinda

MantauKue Mantau kini menjadi kudapan khas Samarinda Kalimantan Timur yang akrab di lidah masyarakat. Salah satu pengusaha yang sukses mengembangkan bisnis pembuatan roti mantau ini adalah Atiek Sunarti dan Anaknya Arum Musti Dewi. Atiek dan Arum mampu melihat peluang usaha di bisnis tersebut. Dengan memasang merek Mantau Nyonya, bisnis ini terus berkembang.

Bahkan, wilayah pemasarannya hampir seluruh wilayah Samarinda terutama ditempat oleh-oleh khas kue daerah sudah pasti ada Mantau Nyonya bikinan Atiek dan Arum. Jalan BrigJend Katamso 205 Samarinda yang sekaligus menjadi lokasi produksi roti mantau ini.

BCPIPwnCcAAhXS9.jpg largeSaat ini, mantau tersebut tersedia dalam beberapa rasa yakni Keju, Sosis, Daging Sapi, dan Daging Ayam. Roti Mantau Nyonya bikinan Atiek dan Arum hadir dalam kemasan sedang dengan harga Rp 3500, kemasan besar dengan harga Rp 5000 dan kemasan kecil-kecil berisi 10 buah per pack dihargai Rp 7000 Atiek dan Arum anaknya terjun di bisnis pembuatan dan penjualan roti mantau berawal dari hobinya memasak. Ia bisa membuat roti tersebut dari mengikuti training cara membuat kue mantau.

4123598_6cce9160-e369-11e3-88c3-f2522523fab8“Awalnya saya dan anak melihat usaha kue mantau ini mendatangkan keuntungan yang sangat signifikan. Saya menyarankan ke Arum untuk mengikuti training cara membuat kue mantau agar bisa dijadikan usaha sendiri. Akhirnya saya putuskan coba-coba menjadikannya peluang untuk berbisnis,” katanya. Awalnya, pemasaran menjadi kendala usaha yang dirintisnya sejak tahun 2012 ini.

Atiek dan Arum harus berjibaku meyakinkan konsumen dengan cita rasa mantau buatannya. “Namanya bisnis. Kalau awal pasti ada saja kendala. Biasanya pemasaran dan awalnya hanya dari mulut ke mulut. Mereka yang ke rumah dan coba buatanku rata-rata promosi ke orang lain. Jadi dari situ bisa banyak pelanggan,” ujarnya.

mantau-ayamRoti mantau buatannya pun kini bisa dinikmati masyarakat luas. Dengan kreasinya pula, mantau buatannya hadir dengan beragam varian rasa. Kreasi ini membuat roti mantau buatannya berbeda dengan produk kudapan yang sudah lebih dulu hadir.

1325660577detail_JIUNG_55-05_SANDWICH_MANTAU_ABBODalam melancarkan proses produksi Kue Mantau Nyonya yang dijalankan oleh Atiek Sunarti dan Arum Musti Dewi memilih untuk mempergunakan Mesin Spiral Mixer CS- 20 yang dibeli dari Toko Mesin Maksindo. Penggunaan mesin tersebut dipilih untuk memudahkan serta melancarkan proses produksi yang praktis dan cepat. Dengan menggunakan mesin tersebut Atiek dan Arum mengakui jika proses produksinya berjalan lebih lancar dari sebelumnya. Dalam satu harinya ia dapat dengan mudah mengantongi uang hingga Rp 2 hingga Rp 3 juta. Namun jika dihitung per bulannya keuntungan yang didapatkan Atiek dan Arum dari bisnis Kue Mantau dengan nilai Rp 30 juta rupiah(Tri Deny Tr)

Mantau Nyonya, Sukses Kreasikan Kudapan Khas Samarinda | redaksimesin | 4.5