Raup Untung dari Usaha Bumbu dan Rempah-Rempah

Monday, February 16th, 2015 - Kisah Sukses

Raup Untung dari Usaha Bumbu dan Rempah-Rempah 

bumbu-dapur-keringBumbu dan Rempah-rempah mempunyai peranan penting dalam pengolahan makanan. Bahan ini berfungsi untuk memberikan warna, rasa dan aroma yang sedap pada masakan. Dalam dunia kuliner, bumbu dan rempah-rempah digolongkan menjadi beberapa macam. Yaitu golongan Bumbu Basah yang di dalamnya termasuk Kunyit, Kencur, Temu Kunci, Jahe, Serai, Bawang-bawangan, Cabai, Daun Bawang dll. Sedangkan Bumbu Kering  diantaranya Kayu Manis, Lada, Pala, Jinten, Kapulaga, Ketumbar, Cengkeh, dll  serta Bumbu Buatan seperti garam, Cuka, MSG, Terasi, Aneka Kecap, Aneka Saus dan lain sebagainya

Bumbu Kering kebanyakan digunakan dalam bentuk halus, namun demikian ada juga yang digunakan dalam bentuk utuh atau butiran. Bumbu kering juga berfungsi sama seperti bumbu basah pada masakan yaitu memberikan rasa dan aroma tertentu sesuai kebutuhan resep, selain dapat mengurangi aroma amis dari bahan makanan hewani. Seperti Adas, Jinten, Klabet, Kemiri dan Ketumbar lebih banyak digunakan pada hidangan daging, ikan atau lauk pauk berkuah santan atau kaldu, contohnya Gulai, Kari, Opor, Soto dll. Pala, Cengkeh, dan Kayu Manis, biasanya lebih pas kalau ditambahkan pada hidangan manis seperti Aneka Kue, Cake, Pudding dan Minuman. Sedangkan Kapulaga, Jinten, dan Adas lebih banyak digunakanpada masakan Timur Tengah.

Macam-macam-Bumbu-Kering-300x300Bumbu dan Rempah-rempah mempunyai peranan penting dalam pengolahan makanan  ini peluang bisnis yang dijalankan oleh Martin. Martin memulai usaha Bumbu dan Rempah-rempah hingga ia mampu meraup untung Rp 50 juta hingga Rp 100 juta per bulan dari usaha tersebut. Martin seorang Pebisnis Bumbu dan Rempah-Rempah dari kota Jakarta provinsi DKI Jakarta dunia usaha Bumbu dan Rempah-rempahnya dimulai tahun 2007.  Dalam menjalankan bisnisnya Martin memilih menggunakan nama usahanya dengan label “KARYA SARANA” sehingga mudah dikenal konsumen.

Berbagai-macam-Bumbu-DapurDiawali dengan banyaknya masyarakat membutuhkan bumbu dan rempah-rempah yang mempunyai peranan penting dalam pengolahan makanan untuk Martin langsung terinspirasi untuk memulai usaha Bumbu dan Rempah-Rempah untuk memenuhi kebutuhan bahan makanan bagi masyarakat. Akhirnya ia pun berinisiatif untuk memasarkan produk Bumbu dan Rempah-Rempah dengan menjadi pemasok tetap disalah satu super market di Jakarta. Dalam satu hari Bumbu dan Rempah-Rempah Karya Sarana mampu memproduksi bahan baku untuk produksi bumbu dan rempah-rempah dengan jumlah 100 kilogram hingga 500 kilogram.

Dalam pemasarannya Bumbu dan Rempah-Rempah Karya Sarana mematok harga mulai kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 120 ribu untuk satu jenis bumbu dan rempah-rempah dengan berbagai macam bumbu kering maupun bumbu basah. Dalam melancarkan proses produksi Bumbu dan Rempah-Rempah Karya Sarana yang dijalankan oleh Martin memilih untuk mempergunakan Mesin Countinius Sealer Tipe FR 800 yang dibeli dari Toko Mesin Maksindo. Penggunaan mesin tersebut dipilih untuk memudahkan serta melancarkan proses produksi yang praktis dan cepat. Dengan menggunakan mesin tersebut Martin mengakui jika proses produksinya berjalan lebih lancar dari sebelumnya.

bumbu-dapur-okDalam satu harinya ia dapat dengan mudah mengantongi uang hingga Rp 50 juta hingga Rp 100 juta. Namun jika dihitung per bulannya keuntungan yang didapatkan Martin dari usaha Bumbu dan Rempah-Rempah terbilang fantastis dengan nilai Rp 1 miliar rupiah.(Tri Deny Tr)

 

Raup Untung dari Usaha Bumbu dan Rempah-Rempah | redaksimesin | 4.5